Manajemen Back Office Berbasis Teknologi Informasi Pada PT Bank Central Asia. Tbk
Manajemen Back Office Berbasis Teknologi Informasi Pada PT Bank Central Asia. Tbk

MANAJEMEN BACK OFFICE BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

PADA PT. BANK CENTRAL ASIA, TBK

 

 

Abdul Jamil

Syamsul Bachtiar

STMIK Muhammadiyah Jakarta

Jalan Kelapa Dua Wetan No. 17 Ciracas Jakarta Timur

ajamil@stmikmj.ac.id

syamsul.bachtiar@outlook.com

 

 

ABSTRAK

Agar meningkatkan pelayanan terhadap nasabah maka petugas Back Office Bank BCA harus mendukung petugas Front Liner dengan baik. Namun dengan banyaknya data yang masih tersimpan manual di lembaran kertas dan buku tulis menyebabkan kinerja petugas Back Office kurang maksimal. Proses pencarian data menjadi kurang efektif dan tidak efisien sehingga waktu dalam melayani nasabah menjadi kurang cepat. Dari hasil pengamatan dan wawancara maka untuk menyelesaikan kendala ini diperlukan suatu aplikasi yang dapat menyimpan data secara komputerisasi, sehingga data yang tersimpan diharapkan mampu menampilkan informasi sesuai dengan kebutuhan petugas Back Office.

Kata kunci: layanan, data, system, informasi,

 

ABSTRACT

In order to improve service to clients there needs to be a good support from Officer of the Back office BCA Bank to the Front liner officer. But the Back office officer could not provide the maximum support for Front liner officer because still a lot of data stored in the piece of paper and books. Data search process becomes inefficient and less effective so it will be taking a long time for service the clients. From the observations and interviews, to resolve the problem required an application that is capable of storing data in database with computerize. So the stored data will become appropriate information for Backoffice officer

Key Words: service, data, system, information, management

Untuk selengkapnya silahkan DOWNLOAD