Manajemen Sistem Informasi Ekspor Impor Pada PT. Dawee Electronic Indonesia
Manajemen Sistem Informasi Ekspor Impor Pada PT. Dawee Electronic Indonesia

MANAJEMEN SISTEM INFORMASI EKSPOR IMPOR

PADA PT. DAWEE ELECTRONIC INDONESIA”

 

 

Abdul Jamil1, Indra Irawan2

1STMIK Muhammadiyah Jakarta, Email : jamil074@gmail.com

ABSTRAK

Pengolahan data ekspor impor menggunakan aplikasi Ms. Excell pada PT.Dawee Electronic Indonesia masih terdapat kekurangan diataranya: terjadinya perulangan penginputan data tujuan ekspor hal ini dikarenakan tidak menggunakan database, terjadinya salah pengetikan nama perusahaan sebagai tujuan delivery, pembuatan laporan berkala harus mengetik ulang karena data tidak disimpan dalam bentuk softcopy.

Berdasarkan kondisi tersebut diatas, penulis bermaksud melakukan penelitian dengan mengkaji berbagai teori yang relevan dengan permasalahan. Penulis mengusulkan solusi dalam bentuk pengembangan Manajemen sistem ekspor impor untuk mengelola sistem ekspor dan impor yang ada pada PT. Dawee Electronic Indonesia. Pendekatan pengembangan sistem, penulis menggunkan System Development Life Cycle (SDLC)  yang terdiri dari pentahapan: perencanaan, analisa, desain, implementasi, dan perawatan.

Hasil dari pengembangan Manajemen Sistem Ekspor Impor yang penulis usulkan dapat meminimalisasikan permasalahan yang ada di latar belakang, karena sistem ini memudahkan user dalam pembuatan dokumen, editing, pencarian dan pembuatan laporan. Sistem ini juga dapat mencegah terjadinya kesalahan yang disebabkan karena kesalahan user / human error.

Pengelolaan ekspor impor yang dikembangkan belum sempurna, sehingga dapat dikembangkan kembali lebih lanjut agar sistem tersebut benar benar menjadi solusi handal bagi penyelesaian masalah dalam pengelolaan ekspor impor dimasa yang akan datang.

Selanjutnya silahkan DOWNLOAD