• RAKERNAS MWK PPM 2016
  • PIMPINAN STMIK MUHAMMADIYAH JAKARTA
  • WISUDA ANGKATAN IX TAHUN 2013
  • TEMU ALUMNI

Badan Penjaminan Mutu Institusi

Sejarah Singkat

Sejalan dengan kebutuhan organisai dan tuntutan pemerintah maupun stakeholder berkaitan dengan penyelenggaraan perguruan tinggi yang berkualitas, maka tahun 2007 STMIK Muhammadiyah Jakarta mendirikan lembaga penjaminan mutu dengan nama Unit Penjaminan Mutu STMIK Muhammadiyah (UPM-STMIKMJ). Unit ini bertanggung jawab atas  berjalannya sistem manajemen mutu dalam kegiatan operasional STMIK Muhammadiyah Jakarta.

Mengingat pertumbuhan Organisasi Manajemen STMIK Muhammadiyah Jakarta akhirnya tahun 2013 UPM-STMIKMJ berubah menjadi Badan Penjaminan Mutu Institusi STMIK Muhammadiyah Jakarta disingkat menjadi (BPMI-STMIKMJ).


Latar Belakang

Sejalan dengan perkembangan jaman, maka organisasi dalam bentuk apapun harus peka terhadap setiap perubahan. Perubahan tersebut dapat berasal dari internal maupun eksternal. Tuntuan perubahan itu menjadi penting karena tanpa ada perubahan suatu organisasi, lembaga atau instansi dengan sendirinya akan tergilas oleh perubahan jaman itu sendiri, bisa jadi lembaga atau instandi serupa telah mengalami major of change (melakukan perubahan besar besaran disetiap level manajemen) dalam sistem pengelolaan, evaluasi, monitoring maupun perencanaan.

Diantara perubahan pada pengelolaan dapat dilakukan dengan cara mengadopsi sistem manajemen mutu berbasis ISO 9001:2008  dan Permendikbud No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Perguruan Tingguntuk diterapakan dalam manajemen sebagai standar mengelola lembaga atau instansi.

STMIK Muhammadiyah  Jakarta merupakan bagian dari lembaga berbentuk perguruan tinggi yang berdiri sejak tahun 2014 yang tidak akan terlepas terhadap pengaruh perubahan kehidupan pada umumnya. Oleh karena itu segala upaya untuk mengantisipasi setiap perubahan perlu di persiapkan secara matang dan terencana agar usaha yang dilakukan tidak sia sia. Karena dalam prakteknya di setiap kehidupan tidak terlepas adanya sistem, maka sudah seyogyanya pendekatan yang harus kita lakukan dalam mengantisipasi setiap perubahan harus berbentuk sistem, yaitu sistem manajemen mutu berbasis ISO 9001:2008 dan  sebagai dasar pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di STMIK Muhammadiyah  Jakarta.

SPMI merupakan standar pengelolaan mutu di tingkat institusi yang dikelola secara hirarki sampai pada unit terkecil, yaitu dari level unit penjaminan mutu tingkat sekolah tinggi sampai dengan bagian dan unit kerja ataupun unit pelaksana teknis.

SPMI yang dikembangkan pada STMIK Muhamamdiyah  Jakarta berfokus pada bidang akademik dan non akademik. Untuk bidang akademik berkonsentrasi penjaminan mutu  pada segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan akademik sementara bidang non akademik lebih fokus pada pengembangan dan implementasi pada bidang pendukung pelaksanaan kegiatan akademik.

Dengan melakukan penjaminan mutu bidang akademik dan non akademik, diharapkan mutu perguruan tinggi dapat di garansi dan meningkat serta dapat bersaing.

Free business joomla templates