Analisis Manajemen Transportasi Darat Berbasis Teknologi Informasi
Analisis Manajemen Transportasi Darat Berbasis Teknologi Informasi

ANALISIS MANAJEMEN TRANSPORTASI DARAT

BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

 (studi kasus: Manajemen transportasi Terminal Bersepadu Selatan Malasyia)

 

Abdul Jamil

STMIK Muhammadiyah Jakarta

Jalan Kelapa Dua Wetan No. 17 Ciracas Jakarta Timur

Email : ajamil@stmikmj.ac.id  /  jamil074@gmail.com

 

Abstrak

Masalah transportasi terutama di kota kota besar kerap menjadi persoalan yang kompleks. Sehingga membutuhkan pemikiran dan penanganan serius untuk pemecahannya. Diantara upaya yang dilakukan untuk mendapatkan solusi yang tepat, maka dibutuhkan penelitian ke beberapa objek sebagai pembanding manajemen transportasi berbasis teknologi informasi yang  diantaranya adalah Terminal Bersepadu Selatan (TBS) Malasyia.

Manajemen transportasi Terminal Bersepadu Selatan Malasyia (TBS), merupakan bagian dari model manajemen transportasi darat yang sudah menerapkan manajemen berbasis teknologi informasi secara terintegrasi. Saat ini pengelolaan transportasi BUS sudah dikelola dengan seperti bandara.

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang model manajemen transportasi berbasis teknologi informasi untuk dijadikan sebagai bagian dari inspirasi dalam mengembangkan model transportasi yang lebih baik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis dengan cara observasi langsung, dan teknik analisa yang dilakukan adalah teknik PIECES (performance, information, economic,control, efficiency, and services.

Hasil yang diharapakan mendapatkan model pasti manajemen transportasi darat yang nyaman bagi semua pihak sehingga mampu menyokong perekonomian bagi kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

 

Kata kunci: model transportasi, TBS

Selanjutnya bisa di DOWNLOAD