Pengamanan Data Dengan Algoritma Kriptografi Advanced Encryption Standartd (AES)
Pengamanan Data Dengan Algoritma Kriptografi Advanced Encryption Standartd (AES)

PENGAMANAN DATA DENGAN ALGORITMA KRIPTOGRAFI

Advanced Encryption Standard (AES)

 

Hendarto,

Dedi Setiadi

STMIK Muhammadiyah Jakarta

Jalan Kelapa Dua Wetan No. 17 Ciracas Jakarta Timur

dedijahsy@gmail.com

hendartoku@gmail.com

 

ABSTRAKSI

Secara umum kriptografi adalah ilmu untuk menjaga kerahasiaan data melalui penggunaan teknik-teknik tertentu. Dunia  kriptografi hingga saat ini telah berkembang cukup signifikan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi komunikasi yang berkaitan erat dengan dunia persandian, dalam tujuannya untuk mengamankan komunikasi penting atau rahasia antara pihak yang saling berkepentingan.

Teknologi dan metode kriptografi turut pula berkembang dimulai dengan hanya mengubah suatu huruf, kata atau kalimat dalam sebuah berita dengan tanda-tanda tertentu (masih menggunakan metode “kertas dan pensil”), hingga menggunakan formulasi matematika yang lebih kompleks, serta teknologi digital atau komputer yang disebut sebagai era kriptografi modern.

Advanced Encyription Standard (AES) yang menjadi bahasan dalam penelitian  ini merupakan algoritma kriptografi standar untuk penyandian bit yang telah ditetapkan oleh National Institute of Standards and Technology (NIST) melalui publikasi FIPS 197 pada tahun 2001, dan sampai saat ini algoritma kriptografi AES masih terus digunakan oleh banyak kalangan sebagai algoritma kriptografi standar.

Selanjutnya bisa di DOWNLOAD