Hindari Alasan Keliru Orang Melanjutkan Kuliah Berikut Ini
Hindari Alasan Keliru Orang Melanjutkan Kuliah Berikut Ini

Hindari Alasan Keliru Orang Melanjutkan Kuliah Berikut Ini


Melanjutkan Kuliah

Biaya kuliah tidaklah murah, apalagi jika kamu kuliah di kampus swasta. Bagi sebagian orang kuliah adalah barang mewah akibat penghasilan orang tua yang pas-pasan. Biar tidak buang waktu dan biaya, hindari jebakan alasan keliru orang kuliah sebagai berikut:

 

1. Kuliah Hanya Ikut-Ikutan Teman  atau Sekedar Gengsi

Banyak siswa lulusan SMA/SMK yang awal masuk kuliah itu tidak punya tujuan yang jelas. Mereka bingung mau kuliah dimana, jurusan apa dan nantinya  impiannya bagaimana. Kondisi seperti ini membuat mereka sekedar ikut-ikutan teman. Kuliah seperti ini berisiko, karena tanpa keinginan dan niat sendiri yang kuat sebaiknya dibatalkan saja karena yang niat untuk kuliah saja kadang tidak sampai selesai kuliah karena malas dan terjerumus dengan pergaulan yang salah, apalagi yang tidak niat kan?

Bagi yang sedikit punya duit kuliah kadang juga jadi ajang gengsi. Mereka kuliah di kota besar, kampus mewah namun tidak punya tujuan jelas bidang yang akan ditekuni. Hanya sekedar cari sensasi jalan bareng teman-temannya. Hindari kondisi seperti ini. Mahasiswa dan orang tua harus banyak diskusi terkait karir yang ingin diraih nanti

2. Kuliah Karena Paksaan Orang Tua

Orang tua biasanya punya pandangan tertentu terkait masa depan anaknya. Bidang profesi keren seperti dokter, insinyur banker dan sebagainya membuat mereka ingin mengarahkan anaknya agar seperti keinginan orang tuanyan. Apalagi jika orang tuanya sudah sukses di bidang tersebut. Orang tua harus ingat bahwa anak bisa jadi beda dengan keinginan atau kisah sukses orang tuanya. Memaksakan anak untuk bisa seperti orang tuanya hanya akan membuat anak stres dan gagal dalam merencanakan kuliahnya.

3. Kuliah Karena Alasan Lain yang Tidak Masuk Akal atau Terkesan Emosional

Masa remaja seperti lulusan SMA identik dengan beberapa kondisi  mental yang rawan godaan untuk menyimpang. Orang tua harus lebih peka terhadap perubahan kondisi anak. Anak kuliah yang tidak jelas arahnya bisa saja terpengaruh alasan yang tidak masuk akal seperti ingin hidup bebas, malas bekerja dan lain sebagainya. Jika memang alasan ini yang membuat kamu memutuskan kuliah seberapa lamapun kamu kuliah tidak akan pernah menjadi sarjana.

Karena biayanya yang Tidak Murah, Kuatkan Tekad dan Tidak Bermain-main

Untuk meraih impian dan cita-cita, salah satu tahap karir yang harus dilalui adalah kuliah. Biaya pendidikan di bangku perkuliahan tidak murah jadi sebaiknya kamu pikirkan masak masak sebelum memutuskan untuk kuliah. Yakinkan niat kamu kalau kamu memang ingin menuntaskan pendidikan kamu sampai sarjana agar kelak bisa sukses dalam karir dan menjadi kebanggaan orang tua yang telah kerja keras banting tulang membiayai kuliahmu.